SIM Penilaian Kinerja Guru (SIM PKG) Dit. P2TK Dikdas Kemdikbud. (Part II-Selesai)

Pada Tulisan sebelumnya, sudah dibahas tentang Penjelasan SIM Penilaian Kinerja Guru (SIM PKG), pada tulisan ini akan membahas tentang proses kerja SIM Penilaian Kinerja Guru/SIMPAK Modul PKG Dit, P2TK Dikdas Kemdikbud.

Caranya masih sama seperti pada artikel sebelumnya, Pengawas Pembina harus Login menggunakan User Name dan Password yang telah diberikan oleh Op. SIM Tunjangan Profesi Dinas Pendidikan Kab/Kota dengan Alamat Link :
http://223.27.144.197:9000/

Setelah pengawas sukses Login, langsung menuju Ke Menu Data Guru
SIMPAK Modul PKG

Klik Guru Binaan yang akan dilakukan Proses Entry Nilai PK Gurunya, kemudian Klik menu Data PKG akan tampil menu seperti berikut ini

SIMPAK Modul PKG

Isikan Nilai PK Guru untuk Guru Kelas/Mata Pelajaran dengan mengklik menu “Edit Rincian”, sedangkan Untuk PTK dengan Tugas Tambahan (Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah) pengawas Pembina juga harus menginputkan Nilai PK Tugas Tambahan dengan mengklik “Edit Rincian”  sesuai hasil penilaian dan Point-point hasil Penilaian yang sudah tercantum dalam aturan Pnelian Kinerja Guru (Permendiknas No. 35 Tahun 2010).

Tampilan Menu “Edit Rincian” SIM PK Guru
SIMPAK Modul PKG

Setelah semua Nilai Kompetensi telah diinputkan, Pengawas Pembina mengklik menu “SIMPAN” dan menutup menu Rincian Rekap PK Guru. dan berlanjut ke Penilaian Kinerja Tugas Tambahan (Jika PTK tersebut memegang Jabatan Tugas Tambahan Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah), dengan proses dan dasar penilaian yang sama dengan Penilaian Kinerja Guru Kelas/Mata Pelajaran.

akan tampil nilai/hasil penilaian kinerja guru (Perhatikan tanda elips berwarna merah pada gambar dibawa), selanjutnya Pengawas Pembina melakukan Proses Simpan hasil Input Nilai PK Guru dengan Mengklik menu “simpan” yang terdapat pada Pojok Kanan Bawah Aplikasi SIM PK Guru, dan Jika pengawas Pembina ingin menampilkan Rumusan Perhitungan PK Guru, Klik Menu Hitung yang terdapat pada Pojok Kanan bawah.  Contoh (Perhatikan Gambar)
SIMPAK Modul PKG

Untuk mencetak hasil penilaian, Klik Menu Cetak PK.
simpak-modul-pkg4

pada Menu Cetak PK terdapat 3 Pilihan Cetak Penilaian :
-Guru Mapel/BK : mencetak REKAP HASIL PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/MATA PELAJARAN
-Tugas Tambahan : mencetak REKAP HASIL PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH (Tugas Tambahan)
-Perhitungan : mencetak FORMAT PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT PK GURU

Tampilan Lembaran Hasil Penilaian (Rekap) Penilaian Kinerja Guru dan Tugas Tambahan, menampilkan Biodata Kepegawaian beserta Nilai/Hasil Penilaian Kinerja yang dilakukan oleh pengawas sekolah dengan Barcode yang diberikan secara Otomatis oleh Sistem Aplikasi SIM Penilaian Kinerja Guru.

Contoh : Rekap Hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
SIMPAK Modul PKG

Sekian tulisan tentang Proses Input Penilaian Kinerja Guru yang akan dilakukan oleh Pengawas sekolah sebagai salah satu syarat penerbitan dan penyaluran Tunjangan Profesi bagi Pengawas Pembina.

Semoga bermanfaat,
Sekian dan terima kasih
Mohon maaf bila tulisan ini mengandung kelancangan, bukan lupa dengan tupoksi tapi murni ingin berbagi.

44 comments on “SIM Penilaian Kinerja Guru (SIM PKG) Dit. P2TK Dikdas Kemdikbud. (Part II-Selesai)

  1. Samapai kapan lagi SIMbuAK MODUL PKG ini bisa di buka lagi pak

  2. Bagaimana solusinya saya sulit masik SIMPAK Modul PKG gak bisa terhitung beberapa kali gak masuk2 sampai-sampai putus asa

  3. tiap hari kami maul login nampaknya sim pkg tidak bisa terbuka sementara waktu sangat terbatas sehingga guru binaan tidak bisa CONEC

  4. kenapa terus SIM PKG tidak bisa dibuka utk melakukan penilaian katanya waktunya terbatas, tapi terus-terusan tidak bisa buka apa servernya tidak mengoperasikan atau sistem terlalu berbelit-belit, tolong Bapak Menteri Pendidikan secepatnya ambil sikap kenapa terus merebetkan orang dibawah dgn ancaman tidak akan bisa dpt tunjangan sertifikasi selanjutnya apa benar demikian??????? Tolong dijawab ya !!!!!

  5. SUDAH TERLALU BANYAK YANG HARUS DIKERJA OLEH GURU TERUTAMA YANG ONLINE SEHINGGA TIDAK KONSENTRASI MENGAJAR.TERUTAMA KENDALANYA JARINGAN ONLINE.SERTIFIKASI GURU SUDAH MULAI MERESAHKAN KARENA PERSYARATANNYA TERLALU BANYAK DAN RUMIT .ADA DAPODIK, ADA SIMPAK DAN SUSAH TERBUKA. SEBAIKNYA BENAHI DULU SISTEM TERUTAMA JARINGAN ONLINE.

    • Nilai PKG di dapodik belum ada, juga nama pengawasnya. apakah penerbitan SK Sertifikasi Guru tidak akan terbit dan penginputan PKG apa dilakukan oleh pengawas apa operator sekolah sedangkan untuk SIM login PKG sulit Keluar, terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s